PPKN (SI)

PRODI PPKN

Visi
Pada tahun 2016 menjadi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang efisien menghasilkan tenaga kependidikan professional, menjunjung tinggi nilai-nilai moral Pancasila, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kependidikan, serta berdaya saing di tingkat nasional dan internasional sesuai kebutuhan masyarakat, serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Misi
1. Menyiapkan tenaga kependidikan yang menguasai bidang PPKn, sehingga mampu bersaing pada aras nasional, dan internasional.
2. Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan PPKn.
3.Menyiapkan dan mengembangkan tenaga kependidikan PPKn yang  memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional (akademik), dan kompetensi sosial (kemasyarakatan) serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Tujuan
1. Meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang mampu bersaing pada aras nasional, dan internasional.
2. Meningkatkan kualitas pengkajian dan pengembangan PPKn.
3. Menghasilkan tenaga kependidikan PPKn yang  memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional (akademik), dan kompetensi sosial (kemasyarakatan) serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran :
Sasaran Prodi PPKn sesuai dengan standar mutu lulusan FKIP UNDARIS dan Dokumen Mutu Akademik UNDARIS. Standar mutu tersebut adalah sebagai berikut:

1. Prosentase waktu penyelesaian studi = 8 semester : 90%
2. Prosentase lulusan dengan IPK ≥ 3,25: 80%
3. Prosentase waktu penyelesaian tugas akhir (skripsi) ≤ 6 bulan : 90%
4. Prosentase TOEFL-like mahasiswa = 400 : 50%
5. Prosentase waktu untuk memperoleh pekerjaan ≤ 6 bulan : 90%
6. Prosentase gaji pertama ≥ Rp 2.000.000,- : 90%
7. Indeks Nilai Akreditasi Program Studi ≥ 310

Strategi Pencapaian :
Upaya yang dilakukan Prodi PPKn dalam mencapai sasaran di atas dikembangkan strategi sebagai berikut:
1. Terselenggaranya proses pembelajaran yang interaktif dan edukatif untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang PPKn dan mampu bersaing pada aras nasional, serta internasional.
2. Terselenggaranya penelitian dan pengembangan sesuai dengan kompetensi di bidang PPKn untuk mendukung pemantapan proses pembelajaran.
3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi di bidang PPKn untuk mendukung pemantapan proses pembelajaran.
4. Terjalinnya kerjasama dengan pemerintah,lembaga pendidikan, alumni, dan masyarakat (stakeholders) dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan PPKn.
5. Terciptanya budaya perilaku yang mencerminkan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Back to Top